Mengenal Karies Gigi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Karies merupakan suatu penyakit jaringan keras gigi, yaitu email, dentin dan sementum, yang disebabkan oleh aktivitas suatu jasad renik dalam suatu karbohidrat yang dapat diragikan. Tandanya adalah adanya demineralisasi jaringan keras gigi yang kemudian diikuti oleh kerusakan bahan organiknya. akibatnya, terjadi invasi bakteri dan kematian pulpa serta penyebaran infeksinya ke jaringan periapeks yang dapat menyebabkan nyeri. (Edwina A.M Kidd dan Sally Joyston-Bechal, 1991)


Faktor penyebab karies meliputi substrat(makanan), bakteri, host(gigi), dan waktu.
Gb. faktor penyebab karies
Beberapa jenis karbohidrat makanan misalnya sukrosa dan glukosa, dapat diragikan oleh bakteri tertentu membentuk asam sehingga pH plak akan menurun sampai dibawah 5 dalam tempo 1-3 menit. Penurunan pH yang berulang-ulang dalam waktu tertentu akan mengakibatkan demineralisasi permukaan gigi yang rentan dan proses kariespun dimulai. Panduan keempat faktor penyebab tersebut kadang-kadang digambarkan sebagai empat lingkaran yang bersitumpang. Karies baru bisa terjadi hanya kalau keempat faktor tersebut ada.

Sumber: Kidd, Edwina A.M dan Sally Joyston-Bechal. 1991. Dasar-Dasar Karies Penyakit dan Penanggulangannya. Jakarta: EGC

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :